twitter
rss

PEMBELAJARAN DI KELAS 1 SD NEGERI BERTARAF INTERNASIONAL KAB SUKABUMI

Selamat datang di blog Kelas 1 SD Negeri Bertaraf Internasional Kab Sukabumi.
Motto kelas kami yaitu "excellent beginner, cheerful and creative class"
saya memfasilitasi siswa dengan pembelajaran berbasis ICT salah satunya dengan menyediakan sumber belajar dan tugas/kesenangan rumah yang dapat siswa akses melalui blog ini.
Terimakasih telah mengunjungi blog Kelas 1 SD Negeri Bertaraf Internasional.


Di suatu hutan yang rindang, hidup berbagai binatang buas dan jinak. Ada kelinci, burung,kucing, capung, kupu-kupu dan yang lainnya. Pada suatu hari, hutan dilanda badai yangsangat dahsyat. Angin bertiup sangat kencang, menerpa pohon dan daun-daun. Kraak! terdengar bunyi dahan-dahan berpatahan. Banyak hewan yang tidak dapat menyelamatkandirinya, kecuali si semut yang berlindung di dalam tanah. Badai baru berhenti ketika pagimenjelang. Matahari kembali bersinar hangatnya.

Tiba-tiba dari dalam tanah muncul seekor semut. Si semut terlindung dari badai karena ia bisa masuk ke sarangnya di dalam tanah. Ketika sedang berjalan, ia melihat seekor kepompong yang tergeletak di dahan daun yang patah. Si semut bergumam, "Hmm, alangkah tidak enaknya menjadi kepompong, terkurung dan tidak bisa kemana-mana". "Menjadi kepompong memang memalukan!". "Coba lihat aku, bisa pergi ke mana saja ku mau", ejek semutpada kepompong. Semut terus mengulang perkataannya pada setiap hewan yang berhasil ditemuinya.

Beberapa hari kemudian, semut berjalan di jalan yang berlumpur. Ia tidak menyadari kalau lumpur yang diinjaknya bisa menghisap dirinya semakin dalam. "Aduh, sulit sekali berjalan di tempat becek seperti ini," keluh semut. Semakin lama, si semut semakin tenggelam dalam lumpur. "Tolong! tolong," teriak si semut.
"Wah, sepertinya kamu sedang kesulitan ya?" Si semut terheran mendengar suara itu. Iamemandang kesekelilingnya mencari sumber suara. Dilihatnya seekor kupu-kupu yang indah terbang mendekatinya. "Hai, semut aku adalah kepompong yang dahulu engkau ejek.Sekarang aku sudah menjadi kupu-kupu. Aku bisa pergi ke mana saja dengan sayapku.Lihat! sekarang kau tidak bisa berjalan di lumpur itu kan?" "Yah, aku sadar. Aku mohon maafkarena telah mengejekmu. Maukah kau menolongku sekarang?" kata si semut pada kupu-kupu.
Akhirnya kupu-kupu menolong semut yang terjebak dalam lumpur penghisap. Tidak berapalama, semut terbebas dari lumpur penghisap tersebut. Setelah terbebas, semutmengucapkan terima kasih pada kupu-kupu. "Tidak apa-apa, memang sudah kewajiban kita untuk menolong yang sedang kesusahan bukan?, karenanya kamu jangan mengejek hewanlain lagi ya?" Karena setiap makhluk pasti diberikan kelebihan dan kekurangan oleh yangMaha Pencipta. Sejak saat itu, semut dan kepompong menjadi sahabat karib.




 Berkat kerja keras dan selalu menabung, petani itu akhirnya kaya raya. Karena tak ingin tetangganya tahu mengenai kekayaannya, seluruh tabungannya dibelikan emas dan dikuburnya emas itu di sebuah lubang di belakang rumahnya. Seminggu sekali digalinya lubang itu, dikeluarkan emasnya, dan diciuminya dengan penuh kebanggaan. Setelah puas, ia kembali mengubur emasnya. 
http://febryan.com/wp-content/uploads/emas.jpg          Pada suatu hari, seorang penjahat melihat perbuatan petani itu. Malam harinya, penjahat itu mencuri seluruh emas si petani.

          Esok harinya petani itu menangis meraung-raung sehingga seluruh tetangga mengetahui apa yang terjadi. Tak seorang tetangga pun tahu siapa yang mencuri emasnya. Jangankan soal pencurian, tentang lubang berisi emas itu saja mereka baru tahu hari itu. Kalau tidak ada pencurian, tak ada yang tahu bahwa petani itu memiliki emas yang dikubur di belakang rumahnya. Sebagian orang ikut bersedih atas pencurian itu, sebagian yang lain mengejek dan menganggap petani itu bodoh.

          “Salah sendiri menyimpan emas di rumah. Mengapa tidak dijual saja dan uangnya dipakai untuk membangun rumah. Biar rumahnya lebih bagus, tidak reot seperti sekarang. Itulah ganjaran orang kikir. Kalau dimintai sumbangan, selalu saja jawabannya tidak punya. Sekarang, rasakan sendiri!”

          Tetapi tak seorang pun yang berani terus terang mengejek atau mengumpat petani yang ditimpa kemalangan itu. Semua ejekan dan umpatan hanya diucapkan di antara sesama mereka saja, tidak di hadapan si petani. Hanya seorang lelaki tua miskin yang berani bersikap jujur kepada petani itu. Lelaki tua itu tinggal tak jauh dari rumah si petani.

          “Sudahlah, begini saja. Di lubang bekas emas itu kuburkanlah sebongkah batu atau apa saja dan berlakulah seperti sebelum kau kecurian.”

          Mendengar itu, si petani marah.

          “Apa maksudmu? Kau mengejekku, ya? Yang hilang itu emas, bukan batu. Kau sungguh tetangga yang jahat. Kau memang orang miskin yang cuma bisa mengubur batu. Aku bisa mengubur emas atau apa saja semauku. Kini aku kehilangan emas dan kau enak saja menyuruhku mengubur batu. Kau pikir batu sama dengan emas?!”

          Suasana pun gaduh. Orang-orang melerai.

          Dengan tenang lelaki tua itu menjawab:

          “Apa bedanya emas dan batu? Kalau kau bisa mengubur emas, seharusnya kau juga bisa mengubur batu. Tahukah kau, dengan mengubur emas berarti kau telah menjadikan logam mulia itu sebagai barang yang tidak berharga. Lalu, apa salahnya kau mengubur batu dan berkhayal yang kau kubur itu adalah emas.”



http://febryan.com/wp-content/uploads/dra1.jpgSunan Drajat adalah putera Sunan Ampel dengan Dewi Candrawati. Adiknya bernama Raden Makdum Ibrahim yang dikenal dengan nama Sunan Bonang. Nama Asli Sunan Drajat adalah Raden Qosim diminta ayahnya untuk berdakwah di sebelah barat Gresik. Di sana belum ada ulama yang menyebarkan agama Islam. Sebelum memulai perjalanan, Raden Qosim singgah di pesantren Sunan Giri di Gresik untuk memohon restu. Ia kemudian naik perahu menuju ke arah barat. Semula angin laut mendorong perahu dengan tenang. Tiba-tiba topan bertiup kencang. Dalam sekejap mata, topan itu menjadi badai yang dahsyat. Kilat sambung-menyambung.

Raden Qosim tak henti-hentinya berzikir. Perahu yang ditumpangi Raden Qosim akhirnya di hantam gelombang besar. Perahu itu oleng, lalu menghantam batu karang dengan keras. Ketika perahu menghantam  karang, datanglah seekor ikan talang menghampiri Raden Qosim. Tadinya, ikan itu dikira serpihan badan kapal yang hancur. "hamba datang karena melihat perahu Raden Qosim mengalami musibah. Hamba hendak mengantar Raden ke tempat tujuan. Ke manakah Raden akan pergi"? tanya ikan talang. Raden Qosim menjelaskan bahwa ia kan pergi ke desa Jelag di daerah Banjarwati. "Baiklah, hamba akan mengantarkan Raden," kata ikan talang,. Raden Qosim berterima kasih seraya naik ke punggung ikan talang. Akhirnya ia tiba dengan selamat di daerah Banjarwati, kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan.http://febryan.com/wp-content/uploads/dra2.jpg

"Terima kasih wahai ikan talang, semoga Allah membalas kebaikanmu. Aku berjanji agar anak keturunanku tidak mengganggumu apalagi makan dagingmu. Bila mereka melanggar janji ini, mereka akan terkena penyakit yang tak tersembuhkan," ujar Raden Qosim. Sesampainya di darat, Raden Qosim bersujud syukur atas perlindungan Allah.

Kedatangan Raden Qosim disambut dengan gembira oleh masyarakat, lebih-lebih setelah mengetahui bahwa ia adalah putera Sunan Ampel.  Raden Qosim lalu mendirikan surau sebagai tempat berdakwah. Caranya berdakwah luwes dan ramah. Setelah menetap selama setahun, Raden Qosim melanjutkan kegiatan dakwahnya ke sebelah selatan. Tiga tahun kemudian, ia mendapat petunjuk Allah untuk membangun tempat berdakwah yang lebih besar. Tempat yang dipilihnya agak tinggi, karena itu dinamai Dalem Dhuwur. Kalau Raden Qosim kemudian disebut Sunan Drajat, hal itu bukan saja karena pesantrennya yang ada di atas bukit, namun juga karena derajat ilmunya yang tinggi.

Sunan Drajat adalah wali yang hidupnya sangat sederhana. Walaupun demikian, ia tetap berusaha mencari rizki, yang kemudian digunakannya untuk membantu orang-orang yang lebih membutuhkan. Maka ia dikenal sebagai wali yang sangat dermawan. Di antara ajaran-ajarannya, yang terkenal adalah sebagai berikut :

Berilah tongkat bagi yang buta 
Berilah makan bagi yang kelaparan 
Berilah pakaian bagi yang telanjang 
Berilah tempat berteduh kepada yang kehujanan

http://febryan.com/wp-content/uploads/dra3.jpgSunan Drajat menggunakan kesenian daerah untuk berdakwah. Di museumnya, tersimpan seperangkat gamelan yang pernah dipakainya. Sunan Drajat juga telah menciptakan Gending Pangkur yang hingg kini masih disukai orang-orang Jawa.

Maksud ajaran Sunan Drajat itu adalah : Pertama, agar kita sebagai manusia suka memberi petunjuk kepada yang tidak tahu atau tidak mengerti suatu hal. Memberikan pengertian dengan sabar dan telaten adalah satu cara yang harus digunakan orang tua dan guru untuk mendidik anak-anak.

Kedua, hendaklah kita dengan tulus ikhlas memberi pertolongan kepada yang miskin atau kekurangan makan, tanpa memperhatikan suku, agama, asal usul dan keturunan. Bantuan itu, Insya Allah, akan menghindarkan orang dari perbuatan jahat yang dilarang agama.

Nasihat ketiganya ialah ajakan bagi orang-orang yang belum berperilaku sopan santun dan lemah lembut. Dalam kehidupan sehari-hari, kita tentu sering menemu orang yang kasar, kurang sopan, tidak acuh pada orang lain dan suka mementingkan diri sendiri. Menjadi tugas kitalah untuk memberi contoh bagaimana bersikap sayang, sopan dan menghargai orang lain.

Nasihat keempat Sunan Drajat ialah bila ada orang yang ditimpa bencana, kesulitan atau menderita kekurangan, hendaklah kita dengan senang hati memberi bantuan dan perlindungan.

Sesungguhnya, empat ajaran Sunan Drajat adalah hal yang perlu dilaksanakan setiap orang. Pemeluk agama apa pun seyogianya berusaha untuk melaksanakan ajaran itu. Terlebih para orang tua, guru maupun para pemimpin, agar mereka dapat menjadi teladan bagi anak-anak dan rakyat kecil.

Moral : Bila hidup di tengah masyarakat, hendaklah kita selalu menunjukkan sifat dermawan, kasih sayang, mau membantu orang yang menderita dan bersedia memberikan bimbingan kepada orang yang belum mengetahui kebenaran.




http://febryan.com/wp-content/uploads/ular1.jpgDi daerah pedalaman pulau Bali terdapat sebuah desa yang subur, makmur, aman dan damai bernama desa Tenganan. Namun, pada suatu hari penduduk desa dikejutkan oleh kedatangan seorang lelaki yang berpakaian compang-camping seperti layaknya pengembara yang kehabisan bekal. "Siapakah namamu? Darimana asalmu?" tanya seorang pemuka mayarakat bernama Jero Pasek Tenganan. "Nama saya I Tundung. Saya orang miskin, tidak punya tempat tinggal tetap," jawab lelaki itu.

Jero Pasek Tenganan merasa iba melihat keadaan I Tundung. Lantas ia memberikan makanan dan minum secukupnya. Ucapan terima kasih tak henti-hentinya disampaikan I Tundung kepada Jero Pasek Tenganan. "Maaf, tuan. Kalau tuan berkenan, saya ingin mengabdikan diri kepada tuan," pinta I Tundung. "Pekerjaan apapun yang tuan berikan, akan saya kerjakan dengan senang hati," tambah I Tundung. Karena kasihan Jero Pasek menerima permintaan I Tundung. Maka, mulai saat itu I Tundung tinggal di rumah Jero Pasek.

I Tundung sangat rajin bekerja. Selain bercocok tanam di sawah dan di ladang, ia pun memelihara ternak. Hasil taninya sangat memuaskan. "Hem, dia mempunyai tangan dingin. Sehingga tanaman apa pun yang ia tanam tumbuh subur dan hasilnya melimpah," kata seorang petani kepada temannya. "Dan ia mempunyai bakat beternak. Sehingga ternak jenis apa pun cepat menjadi gemuk dan beranak pinak," ucap teman petani itu.

Melihat hasil kerja yang berlimpah itu, I Tundung tidak sombong. Ia bahkan menularkan ilmu taninya kepada petani lain. Namun, kunci keberhasilannya adalah harus tekun dan rajin bekerja. Pada suatu hari, Jero Pasek memanggil I Tundung. "Melihat hasil pekerjaanmu, aku akan menyerahkan sebidang tanah di Bukit Kangin. Tanah itu tandus dan gersang, sehingga tidak ada orang yang mau mengolahnya," kata Jero Pasek kepada I Tundung. "Aku yakin, kau mampu menggarapnya dan hasilnya pun akan melimpah," tambah Jero Pasek.http://febryan.com/wp-content/uploads/ular2.jpg

Sejak saat itu, I Tundung pindah tempat tinggalnya ke Bukit Kangin. Ia menggarap lahan yang tandus dan gersang itu bukan hanya dengan tenaga yang digunakan, tetapi akal. I Tundung melihat ada sebuah mata air di lereng gunung. "Hem, mata air itu akan kualirkan kemari. Dengan begitu, aku akan lebih mudah menggarap lahan ini," gumam I Tundung penuh keyakinan. Dengan segala daya upaya yang tiada henti, akhirnya air dari mata air di lereng gunung itu berhasil dialirkan ke Bukit Kangin. Ia mulai bercocok tanam padi, jagung dan sayur mayur.

Tibalah saat panen. Hasilnya melimpah ruah. Jero Pasek memuji keberhasilan I Tundung. "Aku sangat bangga dengan usahamu yang tak kenal lelah. Kau bisa membuktikan kecakapanmu bertani. Maka mulai saat ini, kau kuberi tugas untuk menggarap lahan di seluruh bukit," kata Jero Pasek kepada I Tundung. Ternyata I Tundung bisa mengolah lahan di Bukit Kangin menjadi tanah pertanian dan peternakan yang maju.

http://febryan.com/wp-content/uploads/ular3.jpgSetelah Jero Pasek dan I Tundung menikmati hasil dari lahan di Bukit Kangin, terjadilah musibah. Hampir setiap malam hasil lahan pertaniannya banyak yang hilang. Bukan hanya itu. Ternak yang dipelihara di lahan itu pun satu demi satu hilang dari kandangnya. Betapapun I Tundung sudah menjaga sekuat tenaga, namun tetap saja terjadi pencurian.

"Aku sangat kecewa dengan kejadian yang sangat merugikan itu. Mungkin, kau sudah bosan merawat atau menjaga lahan pertanian dan ternak, sehingga sering terjadi pencurian itu," kata Jero Pasek kepada I Tundung. Tentu saja, perasaan hati I Tundung bagaikan tertusuk pisau mendengar ucapan Jero Pasek itu.

I Tundung sangat malu dengan Jero Pasek, karena tidak bisa mengatasi pencurian yang berada di lahan garapannya. Setiap malam ia merenung sambil memutar otak bagaimana cara mengatasi pencuri yang lihat itu. Di tengah malam yang hening, I Tundung masuk ke sebuah pura di lahan garapannya. Pura itu bernama Pura Naga Sundung. Ia berdoa sangat khusuk mohon agar dapat mengatasi pencurian yang sangat merugikan itu. Tiba-tiba ia dikejutkan oleh suara gaib yang terngiang-ngiang ditelinganya.

"Permohonanmu dikabulkan, asalkan kau mau mengikuti perintahku," bunyi suara gaib. Kau harus rela berubah menjadi ular hitam, tambah suara gaib itu. Jadikanlah diri hamba apa saja, asalkan hamba dapat menghapus rasa malu dan dapat mengabdi pada tuan Jero Pasek," ucap I Tundung. Setelah mengucapkan kata-kata itu. I tundung merasakan kaki dan lehernya bertambah panjang dan berubah menjadi seekor ular hitam yang besar.http://febryan.com/wp-content/uploads/ular4.jpg

Pada suatu hari, Jero Pasek ingin menemui I Tundung di lahan Bukit Kangin. Namun, setelah ia menyusuri seluruh bukit, ternyata ia tidak menemukan I Tundung. Jero Pasek tak putus asa mencari I Tundung. Tibalah ia di Pura Sundung. Betapa terkejutnya ia melihat ada seekor ular hitam legam yang sangat besar. "Jangan takut, tuan Jero Pasek. Hamba adalah I Tundung yang telah menjelma menjadi ular hitam. Hamba berjanji tetap mengabi pada tuan dan bersedia menjaga lahan Bukit Kangin ini. Bila ada yang berani mencuri hasil lahan dan ternak, mereka akan ku usir," ucap I Tundung.

"Maafkan aku, I Tundung. Bukannya aku tidak mempercayaimu. Melainkan aku ingin memberi kepercayaan sepenuhnya kepadamu untuk mengolah, merawat dan menjada hasil lahan di Bukit ini," kata Jero Pasek mantap. "Nah, mulai sekarang kau kuberi tugas untuk menjaga lahan ini sampai anak keturunanmu," lanjut Jero Pasek. Mendengar tugas itu, ular hitam legam yang dinamai Lelipi Selem Bukit itu perlahan-lahan masuk ke semak-semak. Sejak itu, di Bukit Kangin tidak ada lagi pencurian.

Moral : Sebuah kesetiaan yang tulus, diperlukan pengorbanan apa pun bentuknya. Hal ini telah dibuktikan oleh I Tundung yang mengabdi kepada Jero Pasek Tenganan.





http://febryan.com/wp-content/uploads/katakl.jpg Di tengah padang rumput yang sangat luas, terdapat sebuah kolam yang dihuni oleh berpuluh-puluh katak. Diantara katak-katak tersebut ada satu anak katak yang bernama Kenthus, dia adalah anak katak yang paling besar dan kuat. Karena kelebihannya itu, Kenthus menjadi sangat sombong. Dia merasa kalau tidak ada anak katak lainnya yang dapat mengalahkannya.

Sebenarnya kakak Kenthus sudah sering menasehati agar Kentus tidak bersikap sombong pada teman-temannya yang lain. Tetapi nasehat kakaknya tersebut tidak pernah dihiraukannya. Hal ini yang menyebabkan teman-temannya mulai menghindarinya, hingga Kenthus tidak mempunyai teman bermain lagi.

Pada suatu pagi, Kenthus berlatih melompat di padang rumput. Ketika itu juga ada seekor anak lembu yang sedang bermain di situ. Sesekali, anak lembu itu mendekati ibunya untuk menyedot susu. Anak lembu itu gembira sekali, dia berlari-lari sambil sesekali menyenggok rumput yang segar. Secara tidak sengaja, lidah anak sapi yang dijulurkan terkena tubuh si Kenthus.

"Huh, berani makhluk ini mengusikku," kata Kenthus dengan perasaan marah sambil coba menjauhi anak lembu itu. Sebenarnya anak lembu itu pula tidak berniat untuk mengganggunya. Kebetulan pergerakannya sama dengan Kenthus sehingga menyebabkan Khentus menjadi cemas dan melompat dengan segera untuk menyelamatkan diri.

Sambil terengah-engah, Kenthus sampai di tepi kolam. Melihat Kenthus yang kelihatan sangat capek, kawan-kawannya nampak sangat heran. "Hai Khentus, mengapa kamu terengah-engah, mukamu juga kelihatan sangat pucat sekali,” Tanya teman-temannya.

"Tidak ada apa-apa. Aku hanya cemas saja. Lihatlah di tengah padang rumput itu. Aku tidak tahu makhluk apa itu, tetapi makhluk itu sangat sombong. Makhluk itu hendak menelan aku." Kata Kenthus..

Kakaknya yang baru tiba di situ menjelaskan. " Makhluk itu anak lembu. sepengetahuan kakak, anak lembu tidak jahat. Mereka memang biasa dilepaskan di padang rumput ini setiap pagi."

"Tidak jahat? Kenapa kakak bias bilang seperti itu? Saya hampir-hampir ditelannya tadi," kata Kenthus. "Ah, tidak mungkin. Lembu tidak makan katak atau ikan tetapi hanya rumput." Jelas kakaknya lagi.

"Saya tidak percaya kakak. Tadi, aku dikejarnnya dan hampir ditendang olehnya." Celah Kenthus. "Wahai kawan-kawan, aku sebenarnya bisa melawannya dengan mengembungkan diriku," Kata Kenthus dengan bangga.

" Lawan saja Kenthus! Kamu tentu menang," teriak anak-anak katak beramai-ramai.

"Sudahlah Kenthus. Kamu tidak akan dapat menandingi lembu itu. Perbuatan kamu berbahaya. Hentikan!" kata Kakak Kenthus berulang kali tetapi Kenthus tidak mempedulikan nasehat kakaknya. Kenthus terus mengembungkan dirinya, karena dorongan dari teman-temannya. Sebenarnya, mereka sengaja hendak memberi pelajaran pada Kenthus yang sombong itu.

"Sedikit lagi Kenthus. Teruskan!" Begitulah yang diteriakkan oleh kawan-kawan Kenthus. Setelah perut Kenthus menggembung dengan sangat besar, tiba-tiba Kenthus jatuh lemas. Perutnya sangat sakit dan perlahan-lahan dikempiskannya. Melihat keadaan adiknya yang lemas, kakak Kenthus lalu membantu.

Mujurlah Kenthus tidak apa-apa. Dia sembuh seperti sedia kala tetapi sikapnya telah banyak berubah. Dia malu dan kesal dengan sikapnya yang sombong.






http://febryan.com/wp-content/uploads/kancil5.jpgPada suatu hari si kancil nampak ngantuk sekali. Matanya serasa berat sekali untuk dibuka. “Aaa….rrrrgh”, si kancil nampak sesekali menguap. Karena hari itu cukup cerah, si kancil merasa rugi jika menyia-nyiakannya. Ia mulai berjalan-jalan menelusuri hutan untuk mengusir rasa kantuknya. Sampai di atas sebuah bukit, si Kancil berteriak dengan sombongnya, “Wahai penduduk hutan, akulah hewan yang paling cerdas, cerdik dan pintar di hutan ini. Tidak ada yang bisa menandingi kecerdasan dan kepintaranku”.

Sambil membusungkan dadanya, si Kancil pun mulai berjalan menuruni bukit. Ketika sampai di sungai, ia bertemu dengan seekor siput. “Hai kancil !”, sapa si siput. “Kenapa kamu teriak-teriak? Apakah kamu sedang bergembira?”, tanya si siput. “Tidak, aku hanya ingin memberitahukan pada semua penghuni hutan kalau aku ini hewan yang paling cerdas, cerdik dan pintar”, jawab si kancil dengan sombongnya.

“Sombong sekali kamu Kancil, akulah hewan yang paling cerdik di hutan ini”, kata si Siput. “Hahahaha……., mana mungkin” ledek Kancil. “Untuk membuktikannya, bagaimana kalau besok pagi kita lomba lari?”, tantang si Siput. “Baiklah, aku terima tantanganmu”, jawab si Kancil. Akhirnya mereka berdua setuju untuk mengadakan perlombaan lari besok pagi.

Setelah si Kancil pergi, si siput segera mengumpulkan teman-temannya. Ia meminta tolong agar teman-temannya berbaris dan bersembunyi di jalur perlombaan, dan menjawab kalau si kancil memanggil.

Akhirnya hari yang dinanti sudah tiba, kancil dan siput pun sudah siap untuk lomba lari. “Apakah kau sudah siap untuk berlomba lari denganku”, tanya si kancil. “Tentu saja sudah, dan aku pasti menang”, jawab si siput. Kemudian si siput mempersilahkan kancil untuk berlari dahulu dan memanggilnya untuk memastikan sudah sampai mana si siput.

Kancil berjalan dengan santai, dan merasa yakin kalau dia akan menang. Setelah beberapa langkah, si kancil mencoba untuk memanggil si siput. “Siput….sudah sampai mana kamu?”, teriak si kancil. “Aku ada di depanmu!”, teriak si siput. Kancil terheran-heran, dan segera mempercepat langkahnya. Kemudian ia memanggil si siput lagi, dan si siput menjawab dengan kata yang sama.”Aku ada didepanmu!”
Akhirnya si kancil berlari, tetapi tiap ia panggil si siput, ia selalu muncul dan berkata kalau dia ada depan kancil. Keringatnya bercucuran, kakinya terasa lemas dan nafasnya tersengal-sengal.

Kancil berlari terus, sampai akhirnya dia melihat garis finish. Wajah kancil sangat gembira sekali, karena waktu dia memanggil siput, sudah tidak ada jawaban lagi. Kancil merasa bahwa dialah pemenang dari perlombaan lari itu.

Betapa terkejutnya si kancil, karena dia melihat si siput sudah duduk di batu dekat garis finish. “Hai kancil, kenapa kamu lama sekali? Aku sudah sampai dari tadi!”, teriak si siput. Dengan menundukkan kepala, si kancil menghampiri si siput dan mengakui kekalahannya. “Makanya jangan sombong, kamu memang cerdik dan pandai, tetapi kamu bukanlah yang terpandai dan cerdik”, kata si siput. “Iya, maafkan aku siput, aku tidak akan sombong lagi”, kata si kancil.







http://febryan.com/wp-content/uploads/kucing.jpg 
 Di sebuah perumahan, hiduplah seekor kucing berwarna hitam. Nama kucing itu Molly. Ia tinggal di rumah keluarga Jones. Molly selalu memburu dan memakan tikus-tikus yang suka mencuri makanan di dapur keluarga Jones. 
Molly memang seekor kucing yang lucu dan menggemaskan. Matanya berwarna hijau dan kumisnya panjang berwarna putih. Ia suka mendengkur dan sangat senang bila tubuhnya dibelai.
Namun, tidak seorang pun di keluarga Jones suka membelai Molly. Kedua anak di keluarga Jones kurang menyukai binatang, sedang nyonya Jones sering membentak Molly jika ia mengeong waktu nyonya Jones sedang memasak ikan.
Di samping rumah keluarga Jones, hiduplah seorang anak bernama Billy. Billy adalah anak yang baik dan sangat menyayangi binatang. Karena itu ia juga sangat menyayangi Molly. Setiap sore Molly melompat dari pagar keluarga Jones untuk mencari Billy dan minta dibelai.   “Alangkah senangnya aku jika Molly ini kucingku,” kata Billy kepada ibunya. “Aku ingin memelihara kucing juga, bu!” Tetapi ibu Billy tidak ingin memelihara binatang di rumahnya, walaupun sebenarnya ia juga suka kepada Molly. 

Pada suatu hari kuarga Jones pergi ke luar kota. Saat hendak berangkat, anak-anak keluarga Jones berpamitan kepada Billy. Rupanya mereka hendak pergi berlibur selama sebulan.  
Setelah memasukkan semua barang ke dalam taksi, keluarga Jones berangkat. “Molly pasti diajak juga,” pikir Billy. Namun ia keliru. Ia sangat terkejut saat melihat Molly masih ada di halaman rumah keluarga Jones. Billy lalu menceritakan hal itu kepada ibunya. “Pasti ada orang yang diberi tugas untuk merawat dan memberi makan Molly setiap hari,” kata ibu Billy.  

Molly bertanya-tanya ke mana tuannya pergi. Setelah lama menunggu ia menggaruk-garuk pintu dapur dengan cakarnya berharap dibukakan pintu. Tetapi tampaknya tidak ada orang di dalam rumah. Molly lalu memeriksa kalau-kalau ada jendela yang terbuka sehingga ia bisa masuk, tapi ternyata semua jendela terkunci rapat.  
Molly merasa kesepian. Tetapi ia berharap tuannya akan pulang nanti sore. 
Tetapi setelah lama menunggu tuannya tidak juga pulang. Molly mulai merasa kelaparan. Ia juga kedinginan karena harus tidur di luar. Walaupun bersembunyi di dalam semak-semak, ia tetap basah karena kehujanan. Molly mulai sakit.  

Dua hari telah berlalu. Karena kelaparan Molly memakan tulang kering yang ditemukannya dan juga daun-daun kering yang ada disekitar rumah. Penyakitnya juga semakin parah. Ia bersin-bersin dan lemas. 

Pada hari keempat Molly sudah menjadi sangat kurus. Ia bahkan hampir tidak bisa berjalan karena sangat lemah. Ia lalu teringat kepada Billy, anak yang tinggal di rumah sebelah. Siapa tahu Billy bisa memberinya makanan. 
Ia lalu berjalan pelan menuju rumah Billy. Saat melihat Molly, Billy hampir tidak mengenalinya lagi. “Astaga!, kaukah itu Molly?” seru Billy terkejut. Ia berlutut dan membelai Molly. “Oh kasihan, kau sangat kurus, pasti kau kelaparan. Apakah tidak ada orang yang diberi tugas untuk memberimu makan?”  
Billy segera mengambilkan ikan dan susu untuk Molly. “Oh kasihan,” kata ibu Billy. Untuk sementara biar saja ia tidur di dapur kita.” 
Molly sangat senang. Setelah makan dengan lahap, ia lalu tidur dengan nyenyak di dapur ibu Billy. Billy bahkan memberinya tempat tidur dari kotak kayu. Billy juga membersihkan badannya yang kotor karena beberapa hari tidur di semak-semak. 

Malamnya, Molly benar-benar terkejut. Ternyata dapur ibu Billy banyak sekali tikusnya. Maka ia pun menangkap tikus-tikus itu, karena ia ingin membalas kebaikan Billy dan ibunya. 

Keesokan harinya ibu Billy terkejut karena melihat banyak sekali tikus yang telah ditangkap oleh Molly. Ibu Billy sangat senang. Molly pun menjadi semakin disayang di keluarga itu.  

Sebulan kemudian, keluarga Jones pulang dari berlibur. Dengan berat hari Billy mengantar Molly pulang ke rumah keluarga Jones. Tapi, setiap diantar pulang, Molly selalu melarikan diri dan kembali ke rumah Billy. Molly tahu bahwa Billy dan ibunya sangat menyayanginya, tidak seperti keluarga Jones yang tega menelantarkannya.  
Karena keluarga Jones tidak terlalu memperdulikan Molly akhirnya mereka pun memberikan kucing itu kepada Billy. 

Akhirnya Molly pun tinggal bersama Billy dan ibunya. Ia sangat bahagia karena selalu disayang dan dibelai. Ibu Billy pun senang karena dapurnya menjadi bebas dari gangguan tikus.

http://febryan.com/wp-content/uploads/anjing-bayangannya.jpg Seekor anjing yang mendapatkan sebuah tulang dari seseorang, berlari-lari pulang ke rumahnya secepat mungkin dengan senang hati. Ketika dia melewati sebuah jembatan yang sangat kecil, dia menunduk ke bawah dan melihat bayangan dirinya terpantul dari air di bawah jembatan itu. Anjing yang serakah ini mengira dirinya melihat seekor anjing lain membawa sebuah tulang yang lebih besar dari miliknya.

Bila saja dia berhenti untuk berpikir, dia akan tahu bahwa itu hanyalah bayangannya. Tetapi anjing itu tidak berpikir apa-apa dan malah menjatuhkan tulang yang dibawanya dan langsung melompat ke dalam sungai. Anjing serakah tersebut akhirnya dengan susah payah berenang menuju ke tepi sungai. Saat dia selamat tiba di tepi sungai, dia hanya bisa berdiri termenung dan sedih karena tulang yang di bawanya malah hilang, dia kemudian menyesali apa yang terjadi dan menyadari betapa bodohnya dirinya.





http://febryan.com/wp-content/uploads/kerbau-dan-kambing.jpg Seekor kerbau jantan berhasil lolos dari serangan seekor singa dengan cara memasuki sebuah gua dimana gua tersebut sering digunakan oleh kumpulan kambing sebagai tempat berteduh dan menginap saat malam tiba ataupun saat cuaca sedang memburuk. Saat itu hanya satu kambing jantan yang ada di dalam gua tersebut. Saat kerbau masuk kedalam gua, kambing jantan itu menundukkan kepalanya, berlari untuk menabrak kerbau tersebut dengan tanduknya agar kerbau jantan itu keluar dari gua dan dimangsa oleh sang Singa. Kerbau itu hanya tinggal diam melihat tingkah laku sang Kambing. Sedang diluar sana, sang Singa berkeliaran di muka gua mencari mangsanya.

Lalu sang kerbau berkata kepada sang kambing, "Jangan berpikir bahwa saya akan menyerah dan diam saja melihat tingkah lakumu yang pengecut karena saya merasa takut kepadamu. Saat singa itu pergi, saya akan memberi kamu pelajaran yang tidak akan pernah kamu lupakan."
Sangatlah jahat, mengambil keuntungan dari kemalangan orang lain.





 Dua ekor kambing berjalan dengan gagahnya dari arah yang berlawanan di sebuah pegunungan yang curam, saat itu secara kebetulan mereka secara bersamaan masing-masing tiba di tepi jurang yang dibawahnya mengalir air sungai yang sangat deras. Sebuah pohon yang jatuh, telah dijadikan jembatan untuk menyebrangi jurang tersebut. Pohon yang dijadikan jembatan tersebut sangatlah kecil sehingga tidak dapat dilalui secara bersamaan oleh dua ekor tupai dengan selamat, apalagi oleh dua ekor kambing. Jembatan yang sangat kecil itu akan membuat orang yang paling berani pun akan menjadi ketakutan. Tetapi kedua kambing tersebut tidak merasa ketakutan. Rasa sombong dan harga diri mereka tidak membiarkan mereka untuk mengalah dan memberikan jalan terlebih dahulu kepada kambing lainnya.

Saat salah satu kambing menapakkan kakinya ke jembatan itu, kambing yang lainnya pun tidak mau mengalah dan juga menapakkan kakinya ke jembatan tersebut. Akhirnya keduanya bertemu di tengah-tengah jembatan. Keduanya masih tidak mau mengalah dan malahan saling mendorong dengan tanduk mereka sehingga kedua kambing tersebut akhirnya jatuh ke dalam jurang dan tersapu oleh aliran air yang sangat deras di bawahnya.
Lebih baik mengalah daripada mengalami nasib sial karena keras kepala.





2 komentar:

  1. mohon izin utk mengambil beberapa cerita untuk pembelajaran

  1. Mohon izin untuk mengcopy cerita untuk tugas kuliah, terimakasih

Posting Komentar